Tugas 1 MPPL – D

Grab_logo

DESKRIPSI

Grab (sebelumnya dikenal dengan nama GrabTaxi) adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mencari alat transportasi murah dan cepat di Asia Tenggara. Pada dasarnya, aplikasi ini memungkinkan Anda memanggil kendaraan untuk menjemput Anda kapan saja.

Grab bermarkas di Singapura, Grab menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan termasuk perjalanan, pesan-antar makanan, pengiriman barang, dan pembayaran menggunakan dompet digital. Saat ini Grab menyediakan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja.

FITUR

  1. GrabTaxi
    • Layanan yang membantu penumpang menemukan pengemudi taksi terdekat pada aplikasi Grab.
  2. GrabCar
    • Penyewaan kendaraan pribadi dengan supir yang menghadirkan kebebasan pilihan berkendara yang nyaman dan gaya
  3. GrabBike
    • Layanan yang membantu penumpang menemukan jasa transportasi motor (ojek) terdekat pada aplikasi Grab.
  4. GrabExpress
    • Layanan kurir ekspres berbasis aplikasi yang menjanjikan Kecepatan, Kepastian, dan yang paling utama adalah Keamanan.
  5. GrabFood

    • Layanan pesan antar makanan yang mudah dan cepat. Berbagai pilihan makanan tersedia di aplikasi Grab.
  6. GrabFresh
    • Layanan yang menyediakan jasa belanja kebutuhan sehari-hari.
  7. Sewa GrabCar (Beta)
    • Layanan sewa GrabCar bisa dipesan langsung melalui aplikasi Grab, memberikanmu kendaraan yang nyaman sudah disertai pengemudi terlatih dan terpilih.

KORPORASI

Grab didirikan oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling pada tahun 2012. Kantor utama Grab berada di Singapura. Orang-orang penting yang ada di Grab :

  1. Anthony Tan (CEO & Co-Founder)
  2. Ming Maa (President)
  3. Tan Hooi Ling (Co-Founder)
  4. John Chua (Head of Corporate Finance)
  5. Mark Porter (Chief Technology Officer)

BUDGET

Grab diluncurkan dengan dana awal US $ 25.000 dari Harvard Business School dan modal pribadi Anthony Tan. Sejauh ini, Grab adalah salah satu kisah sukses startup besar di Asia Tenggara. Didirikan di Malaysia oleh Anthony Tan pada tahun 2012, aplikasi ini sekarang tersedia di 21 kota di seluruh kawasan, dan telah mengumpulkan total pendanaan US $ 340 juta.

LAMA PEMBUATAN

Pada tahun 2011, mahasiswa Harvad Business School Anthony Tan mengajukan sebuah gagasan pada Harvard Business Plan Competition dan berhasil mendapatkan juara 2. Kemudian Tan mulai membuat MyTeksi (Grab) brand di Kuala Lumpur, Malaysia. Kemudian pada bulan Juni, 2012 MyTeksi secara resmi diluncurkan di Malaysia.

SUMBER

https://www.grab.com/id/

https://en.wikipedia.org/wiki/Grab_(company)

https://www.techinasia.com/history-unicorn-grabtaxi-infographic

https://www.techinasia.com/3-years-4-funding-rounds-grabtaxis-anthony-tan-reflects-journey

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.